Senin, 11 November 2013

Fungsi Ilmu Sosial Dasar


Dalam masa perkuliahan kita sebagai mahasiswa di harapkan menjadi lulusan atau sarjana yang mempunyai seperangkat kemampuan yang terdiri dari :
-    Kemampuan akademik
-    Kemampuan Profesi
-    Kemampuan Pribadi


Mahasiswa merupakan generasi awal yang akan mengembangkan ilmu sosial dasar, dengan adanya mahasiswa yang mempunyai tingkatan yang lebih tinggi dari siswa yang lain, diharapkan pentingnya ilmu yang mempelajari tentang sosial dasar ini akan cepat membuahkan hasil, atau dengan kata lain terlihat jelas fungsi dari sosial dasar tersebut. 

Dengan seperangkat kemampuan yang dimiliki tersebut di atas, lulusan perguruan tinggi diharapkan menjadi sarjana yang cakap dan ahli di bidang yang ditekuninya, serta mau dan mampu mengapdikan keahliannya untuk kepentingan masyarakat Indonesia dan umat manusia pada umumnya. 

Untuk mewujudkannya para mahasiswa juga dituntut untuk percaya diri dalam bersosialisasi dengan orang lain, oleh sebab itu di perguruan tinggi, mahasiswa dibekali dengan ISD atau Ilmu Sosial Dasar.

Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokan menjadi tiga :
1.    Natural Sciences (Ilmu-Ilmu Alamiah), meliputi : Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
2.    Social Sciences (Ilmu-Ilmu Sosial), meliputi : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi, dan lain-lain
3.    Humanities (Ilmu-Ilmu Budaya) meliputi : Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian, dan lain-lain


Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, pyscologi sosial

Tujuan Ilmu Sosial Dasar sebagai salah satu mata kuliah umum adalah mahasiswa ;
a.    Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b.    Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c.    Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
d.    Memahami jalan pikiran ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.


Sangatlah penting bagi mahasiswa untuk dapat memiliki skill khusus , seperti : memahami , menyadari, peka, dan berpikir secara luas. Agar dapat menyeimbangkan dan bertugas sebagai balancer atau penyeimbang dalam kehidupan, jadi tidak hanya mempelajari tentang ilmu pasti, tetapi juga harus mempelajari ilmu sosial dasar juga.


Referensi:
  1. http://fujaresturespati.wordpress.com/2012/12/24/ilmu-sosial-dasar/
  2. http://aulialuthfi23.blogspot.com/2013/09/hakikat-dan-fungsi-ilmu-sosial-dasar.html
  3. http://suhailykamil.wordpress.com/2010/11/26/fungsi-ilmu-sosial-dasar-dalam-perkuliahan/
  4. http://roberttflash.blogspot.com/2010/10/apa-manfaatnya-kita-mempelajari-ilmu.html


Nama: Artaga Bunaiya
Kelas:1KA05
NPM: 11113400

Tidak ada komentar:

Posting Komentar