Senin, 11 November 2013

Perpindahan Penduduk Mengakibatkan Pencampuran Budaya

Penduduk
Menurut Undang-Undang Dasar 1995 yang di maksud Penduduk ialah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia. 

Budaya
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.Bahasa, sebagaimana jugabudaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis.

Migrasi
Secara umum Migrasi adalah perpindahan penduduk dengan tujuan untuk menetap dari suatu tempat ke tempat lain melewati batas administratif (migrasi internal) atau batas politik/negara (migrasi internasional). Dengan kata lain, migrasi diartikan sebagai perpindahan yang relatif permanen dari suatu daerah (negara) ke daerah (negara) lain.
Ada dua dimensi penting dalam penalaahan migrasi, yaitu dimensi ruang/daerah (spasial) dan dimensi waktu.

Tinjauan migrasi secara regional sangat penting dilakukan terutama terkait dengan kepadatan dan distribusi penduduk yang tidak merata.
Migrasi salah satu dari tiga komponen dasar dalam demografi, Migrasi bersama dengan dua komponen lainnya, kelahiran dan kematian, mempengaruhi dinamika kependudukan di suatu wilayah.

Penduduk, masyarakat dan kebudayaan merupakan komponen-komponen yang penting dalam suatu kehidupan sosial. Dari individu-individu yang berkumpul di suatu tempat maka lahirlah penduduk, kemudian dari penduduk tersebut lahirlah masyarakat dimana penduduk yang mendiami suatu daerah dan memiliki suatu ciri khas yaitu kebudayaan. Suatu masyarakat pasti akan menghasilkan suatu kebudayaan yang baru karena terdapat kemajemukan dala masyarakat tersebut sehingga kebudayaan yang baru pun dapat dibentuk. Kebudayaan merupakan hasi dari kehidupan masyarakat iu sendiri. Dimana mereka belajar tentang adat-istiadar, tata karma, sopan santun dan lain-lain dalam suatu kebudayaan.

Dan sekarang saya akan membahas mengapa perpindahan penduduk penyebab percampuran budaya. seperti yang kita tahu mobilisasi atau perpindahan terhadap seseorang dari satu wilayah ke wilayah lain sangat mudah dilakukan. karena ditunjang dengan transportasi yang memadai. akibat mudahnya perpindahan ini mengakibatkan percampuran budaya. tidak hanya budaya lokal tetapi budaya luar negeri juga mengalami percampuran.

Mengapa begitu mudahnya percampuran budaya terjadi di Indonesia ?
karena jumlah penduduk indonesia yang begitu padat, membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan imigrasi atau pemerataan penduduk dari daerah berpenduduk padat ke daerah yang jumlah penduduknya sedikit. dengan adanya perpindahan penduduk ini mengakibatkan masuknya budaya luar kedalam satu wilayah atau daerah.

Dan dampak nya adalah masyarakat cenderung menirukan hal-hal baru tanpa memikirkan akibatnya. ditambah lagi kesadaran generasi muda untuk mempertahankan kebudayaan asli daerahnya semakin berkurang, ini menyebabkan mudahnya percampuran budaya terjadi 
oleh sebab itu kita sebagai generasi muda, sudah seharusnya menjunjung tinnggi kebudayaan yang kita miliki, banggga sebagai warga indonesia yang memiliki beragam kebudayaan. tetap memperkokoh diri untuk tidak terpengaruh budaya asing yang mmbawa dampak buruk.

Sebagai contoh percampuran budaya yaitu orang jawa yang sebelumnya tinggal di Yogyakarta kemudian pindah ke Padang, maka ia harus menyesuaikan diri dengan budaya orang orang asli Padang. Seperti cara berbicaranya, mungkin di rumah ia bisa menggunakan bahasa jawa sebagai bahasa sehari-hari dengan keluarga. Tetapi di luar rumah ia harus bisa menyesuaikan diri dengan berbahasa Padang/ Bahasa Indonesia yang baik.


Referensi:
  1. http://www.google.com
  2. www.wikipedia.com
  3. http://febrinasrinatasa.wordpress.com/2012/10/07/pertumbuhan-dan-perkembangan-penduduk/
  4. http://ilmusosialdasar-ka28.blogspot.com/2011/11/penduduk-masyarakat-dan-kebudayaan.html
  5. rany-denestasia.blogspot.com/2011/10/ruang-lingkup-ilmu-sosial-dasar.html
  6. arif-rahmans.blogspot.com/2010/11/peran-ilmu-sosial-dasar-dalam.html


Nama: Artaga Bunaiya
Kelas: 1KA05
NPM: 11113400

Tidak ada komentar:

Posting Komentar